Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Guru PPPK Tenaga Teknis - Yuk Sebar

Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Guru PPPK Tenaga Teknis

Pada seleksi ASN PPPK Guru tahun 2022 ini, calon pelamar diharuskan menyediakan Deskripsi Diri berupa essay yang menggambarkan diri sendiri terkait dengan bidang pekerjaan dan kehidupan masyarakat. Sebagai bantuan, berikut ini adalah contoh essay Deskripsi Diri untuk PPPK guru 2022. 

Contoh deskripsi pengalaman kerja hanya merupakan referensi yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan ide-ide yang sesuai dengan kondisi masing-masing pelamar.

Seleksi untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis tahun anggaran 2022 diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Surat Pengumuman Nomor: 72057/A.A3/KP.01.01/2022.

Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Guru PPPK Tenaga Teknis

Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Guru PPPK Tenaga Teknis

Berikut Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja Guru PPPK Tenaga Teknis yang mencakup informasi dasar, pengalaman, keunggulan prestasi, dan motivasi.
**
Informasi Dasar
Saya, Aditya Suherman, lahir di Kota Blitar pada 22 Oktober 1994. Saat ini, saya bekerja sebagai guru honorer di SDN Wonotirto 1 Blitar, mengajar mata pelajaran matematika di kelas 4, 5, dan 6. Saya adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengajar di sekolah ini selama 12 tahun. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan dalam 4 bidang kompetensi yang dibutuhkan oleh guru profesional, yaitu kepribadian, pedagogi, sosial, dan profesional.

Keunggulan Prestasi
Sebagai seorang guru, saya memiliki kepribadian yang baik, setia pada pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kemampuan pedagogi saya memungkinkan saya untuk menerapkan metode pembelajaran yang telah saya rencanakan dan laksanakan selama ini, termasuk pembelajaran yang berfokus pada siswa. Ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi kemampuan mereka sesuai dengan psikologi, lingkungan belajar, dan kearifan lokal yang ada.

Untuk menarik minat dan ketertarikan siswa terhadap matematika, saya sering menerapkan metode pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Beberapa contoh yang pernah saya gunakan adalah metode eksperimen, permainan, pemecaan masalah, dan lain-lain.

Berkat metode pembelajaran inovatif tersebut, saya berhasil menarik lebih banyak siswa untuk tertarik dan antusias dalam belajar matematika. Selain mengajar, saya juga menjadi pembimbing ekstrakurikuler literasi digital di sekolah. Kegiatan di ekstrakurikuler tersebut bertujuan meningkatkan kecakapan digital, mengasah ketrampilan membaca, dan lainnya.

Saya juga aktif mendampingi siswa yang mengikuti olimpiade matematika dan berhasil mengantarkan mereka sebagai juara di tingkat kabupaten.

Kemampuan sosial saya juga sangat baik, seperti yang terbukti dari hubungan yang baik dan harmonis yang saya miliki dengan warga sekolah, termasuk tenaga kependidikan, kepala sekolah, teman sejawat, dan siswa.

Kemampuan sosial ini membuat saya merasa nyaman dalam menjalankan rutinitas sebagai guru di sekolah ini tanpa adanya hambatan yang berarti.

Tekad yang kuat untuk menjadi guru yang profesional, memberikan saya kemampuan untuk menguasai beragam materi pembelajaran secara lebih luas dan mendalam. Kemampuan profesional saya juga termasuk penguasaan materi kurikulum di sekolah ini serta pengetahuan ilmu yang menopang materi yang saya ajarkan, serta struktur dan metodologi ilmu tersebut.

Selain itu, saya juga memahami materi, konsep, struktur, dan pola pikir dari ilmu yang saya ajarkan, serta standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran yang saya ajarkan.

Untuk terus mengembangkan diri sebagai guru yang profesional, saya juga rutin melakukan pengembangan materi pembelajaran secara kreatif dan melakukan refleksi atas tindakan saya sendiri. Selain itu, saya juga memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri serta pembelajaran saya.

Saya dikenal sebagai sosok yang aktif dan selalu memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat. Termasuk dalam menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat dengan menerapkan prinsip kekeluargaan dan musyawarah mufakat dalam segala aspek kehidupan bersama.

Selain itu, saya juga terlibat dalam berbagai kegiatan seperti Kampanye Hidup Sehat, menjadi bagian dari Generasi Anti Narkoba, Anti Terorisme, dan memerangi ancaman berita hoaks serta menggunakan media sosial secara bijak.

Baca juga:
Motivasi
Sebagai seorang guru, saya merasa sangat bangga menjalani profesi ini. Selain harus terus belajar, kepuasan terbesar saya datang dari melihat murid-murid yang saya bimbing berhasil mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Berdasarkan deskripsi diri dalam bentuk esai ini, saya dianggap layak menjadi ASN PPPK Guru pada tahun 2022, sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik dalam dunia pendidikan di satuan pendidikan yang saya lamar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel